Friday, May 18, 2012

Contoh Pidato - Bahasa Indonesia


Ini contoh pidato yang aku bikin waktu ujian praktek SMP dulu, mungkin bisa sebagai contoh buat temen2 :) kalo mau dijadiin contoh, bisa comment dulu ya ;)

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Kepada yang terhormat Bapak, Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai. Pertama-tama mari kita panjatkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberi kita semua rahmat dan karunia-Nya hingga kita dapat berkumpul pada kesempatan ini. Serta shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad Saw.
Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan  tentang “Meningkatkan Minat Baca dalam Rangka Memperingati Hari Buku Nasional”  dalam pidato kali ini.
Pada tanggal 17 Mei nanti, kita akan merayakan Hari Buku Nasional. Memang Hari Buku Nasional ini tidak sepamor Hari-hari besar lainnya. Tapi sudah sepantasnya kita memperingati Hari Buku ini mengingat begitu besar peran buku dalam kehidupan kita.
Kita semua tahu, bahwa buku sangat penting bagi kita khususnya bagi para siswa. Karena tidak mungkin bagi kita mendapatkan ilmu pengetahuan  tanpa buku.
Buku seharusnya menjadi teman kita kapanpun dan dimanapun. Jika kita tidak menyadari akan pentingnya membaca buku, tentu saja kita tidak akan sanggup untuk melepaskan kebodohan yang ada di negeri kita tercinta Indonesia. Dan harapan kita semua bahwa kita tidak ingin tertinggal dari negara lain. Karena, kita dapat melihat negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan China, sebagai negara di Asia yang selalu memimpin dalam produk-produk industri, khususnya elektronik dan berbagai macam kendaraan yang kita gunakan saat ini. Negara-negara tersebut bisa maju karena para penduduknya yang gemar membaca.
Tidak ada jalan lain bagi kita, selain kita harus  berusaha untuk membangun semangat membaca buku, dan itu harus dimulai dari diri kita sendiri sebagai generasi muda dan harapan bangsa. Buku dapat memberi kita informasi tentang semua yang tidak kita ketahui sebelumnya. Buku bagaikan suatu ruangan yang kaya akan ilmu pengetahuan. Dengan meningkatkan gemar membaca kita akan menjadi negara yang kaya. Selain itu, kitapun dapat mewujudkan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Membaca bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kita sebagai generasi muda, harapan bangsa yang akan membangun negeri ini sebaik mungkin. Kita harus menjadi insan yang cerdas untuk membangun negeri ini.  Mari, kita tingkatkan minat baca kita mulai dari sekarang !
Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai  “Meningkatkan Minat Baca dalam Rangka Memperingati Hari Buku Nasional”. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat untuk kehidupan kita yang lebih baik di masa depan. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu Guru dalam pidato saya ini. Terima kasih atas perhatiannya.
Wabillahi taufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

3 comments: